Senin, 18 Februari 2013

Cara cepat merawat karburator motor dengan baik



ilustration - otoasia.com


Jakarta, Sigmanews- Karburator merupakan salah satu elemen vital bagi sebuah kendaraan motor. Jika tidak dirawat dengan baik oleh sang pengguna motor bisa dipastikan motor akan menjadi tidak enak dipakai seperti kondisi baru. Perawatan karburator berefek pada kinerja mesin yang optimal bahkan konsumsi bahan bakar lebih hemat.
Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan sendiri untuk merawat karburator kendaraan anda.
Langkah awal sebelum membongkar karburator adalah membersihkan filter udara pada karburator motor anda dengan cara melepas filter yang terpasang pada ujung karburator.






Semprot filter dengan udara bertekanan tinggi hingga bersih.
 





Kemudian bersihkan karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan kran bensin. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih.





Lepaskan mangkok karburator. Kemudian uraikan pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Perhatikan parts-parts kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.





Bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Lubang-lubang pada spuyer dapat pula dibersihkan dengan menyemprotkan cairan pembersih seperti Carburetor Cleaner.




Sebelum memasang kembali komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.





Langkah terakhir adalah merakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar